Kamis, 21 Juli 2011

Icip Icip Kuliner Originally Batak

Masakan Batak terdiri dari berbagai macam bahan dan biasanya sangat identik dengan rasanya yang pedas. Kuliner Batak sangat khas dengan daging babi dan ikan yang diolah dengan berbagai macam cara dan resep. Dan tentunya sangat khas Batak.
Berikut ini saya akan mencantumkan 2 macam kuliner khas Batak dengan bahan baku ikan mas.
a. Arsik Ikan Mas
Ikan mas merupakan ikan air tawar. Ikan ini akan selalu ada dan diolah dalam setiap acara resmi orang Batak. Arsik adalah sebutan masyarakat Batak untuk ikan mas yang dimasak dengan bumbu khas tradisional Batak seperti bawang batak yang hanya ada di daerah masyarakat batak. Ikan mas tersebut diisi oleh kacang panjang, dan bawang batak di bagian perutnya. Setelah itu dimasak dengan cara direbus atau dikukus agar semua bumbunya meresap ke dalam ikan. Arsik merupakan masakan khas Batak Toba yang disajikan dalam acara – acara khusus seperti pernikahan maupun acara pemberkatan anak yang akan diberangkatkan untuk merantau dan berbagai acara syukuran lainnya.

b. Naniura
 
Naniura merupakan makanan khas suku Batak berbeda dengan arsik, makanan khas Batak lainnya yangdirebus atau dikukus, menu yang juga mengunakan ikan mas sebagai menu utama adalah dengan cara tidakdimasak.Dalam bahasa Batak, arti kata naniura adalah ikan yang tidak di masak. Namun rendaman asam jungga secara kimiawi kemudian mengubah ikan mentah menjadi tidak terasa amis dan siap disajikan.Dari gambarnya aja udah kelihatan enak kan?? :) Hehehehe.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates